2 Comment



Makanan Khas Makassar – Indonesia yang mempunyai berbagai macam-macam suku dan budaya, yang juga menjadikan Indonesia memiliki banyak makanan dari tiap-tiap daerahnya. Termasuk Di Makassar, ada banyak sekali makanan yang berasal dari Makassar yang mungkin saja belum pernah anda ketahui. Jika kalian datang berkunjung ke Makassar, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan yang berasal dari Makassar ini ya .. berikut liputan tentang makanan khas dari Makassar ini.

Coto Makassar

Makanan berasal dari Makassar yang kaya dengan rempah ini benar-benar sangat terpopuler di semua penjuru Nusantara bahkan juga di semua Mancanegara. Bagi orang yang datang ke kota Makassar tidak akan lengkap rasa baginya jika tidak mencicipi makanan coto Makassar ini. Gambar via: Asian Food Channel

Makanan yang berasal dari Makassar yang kaya dengan rempah-rempah sangat populer di Indonesia. Bagi orang yang datang di Kota Makassar tentu pernah mencicipi makanan Coto Makassar ini.


Cara Membuat Coto Makassar


1 kg daging sapi 

5 batang serai 

2.000 ml air cucian beras putih 

5 lembar daun salam 

3 sendok makan minyak goreng 

250 gram kacang tanah 

5 cm jahe 

1 ruas lengkuas 


Bumbu yang dihaluskan 

10 siung bawang putih 

8 butir kemiri sangrai 

1 sendo makan ketumbar sangrai 

1 sendok teh jinten sangrai 

1 sendok teh merica butiran 

1 sendok teh garam 

Bahan pelengkap 

Bawang merah goreng 

Seledri yang sudah diiris 

Daun bawang yang sudah diiris 


Cara Membuat Coto Makassar yang Enak dan Lezat 


Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu, mencuci daging sapi yang sudah anda siapkan. Memarkan batang serai. Lalu goreng kacang tanah. Jika sudah, tumbuk dan haluskan. Memarkan jahe dan lengkuas. Haluskan semua bumbu yang sudah disebutkan seperti di  atas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih halus, anda dapat menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender. 


Cara membuat Coto Makassar

Jika semua bahan dan bumbu sudah siap, maka anda bisa langsung mengolahnya. Siapkan panci di atas kompor. Lalu rebus daging sapi menggunakan air cucian beras bersama dengan langkuas, jahe, daun salam dan serai yang sudah dimemarkan. Rebus semua bahan bahan sampai daging menjadi empuk. Apabila daging sudah empuk atau lunak, anda dapat langsung memotong-motongnya membentuk dadu. Jika sudah, tiriskan. Jangan buang air rebusan atau kaldu tadi. Siapkan wajan di atas kompor dengan ditambahkan 3 sendok makan minyak goreng. Biarkan minyak goreng sampai panas. Setelah panas, masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis sampai matang atau mengeluarkan aroma harum. Setelah bumbu harum dan matang, anda bisa mematikan kompor dan memasukan tumisan bumbu ini ke dalam air kaldu. Panaskan kembali air kaldu. Tambahkan kacang tanah goreng yang sudah anda haluskan. Aduk merata dan rebus sampai mendidih. Jika sudah, anda bisa mematikan api kompor. 


Saran Penyajian Siapkan mangkuk saji. Lalu masukan irisan daun bawang dan seledri, beserta sedikit garam. Masukan potongan daging. Tuangkan air kaldu ke dalam mangkuk saji yang sudah anda siapkan. Kemudian, taburi di atasnya dengan bawang merah goreng. Untuk hasil yang lebih nikmat, anda bisa menambahkan kecap dan air perasan jeruk nipis. Santap coto Makassar ini dalam keadaan hangat agar lebih nikmat.

Tips Membuat Coto Makassar Agar daging lebih cepat empuk, anda dapat menggunakan presto. Apabila anda menambahkan jeroan seperti misalkan jantung, hati dan lain-lain, maka sebaiknya rebus di tempat terpisah dengan rebusan daging menggunakan air biasa. Demikian resep dan cara membuat coto Makassar.

Source selerasa.com

Post a Comment

  1. Terimakasih, sangat membantu 4 Cara Cek Tagihan Listrik, coba dilihat juga ya

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

ISI DISINI

 
Top